Translate

Senin, 01 Juli 2013

Program Visit GOMARLIKA 2015


Desain program
 
            Visit GOMARIKA 2015 adalah bentuk kerjasama antar kabupaten yang bertujuan untuk meningkatkan PAD masing-masing daerah. Kabupaten yang bekerjasama dalam rangkaian tour ini adalah Kabupaten Pringgodani, Kabupaten Amarta, dan Kabupaten Ambalika. 

1. Tahap Persiapan

            Tahap pertama yang dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama dengan dua kabupaten lainnya yang dalam hal ini adalah Kabupaten Pringgadani dan Kabupaten Ambalika. Tujuan dari kerjasama antar daerah ini adalah untuk pemasaran barang produksi kerajinan kulit Kabupaten Amarta sekaligus sebagai ajang promosi sebagai usaha kabupaten untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui sumber-sumber keuangan yang diakui negara.  Oleh karena itu perlu adanya kerjasama antar daerah melalui ksepakatan kerjasama antar daerah terkait program yang akan dibuat. Dengan memperhatikan potensi masing-masing kabupaten, maka disusun sebuah kesepakatan kerja antar daerah tentang desain program visit tiga kabupaten yang bernama “VISIT GOMARLIKA 2014”. Kesepakatan atas kerjasama tiga kabupaten itu tertuang dalam Mou yang berisi kesepakatan  atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program yang dilakukan termasuk kesepakatan dalam hal keuangan atau bagi hasil yang diperoleh dari program ini untuk menghindari konflik di kemudian hari.

            Tahap kedua adalah mengundang sektor swasta dalam hal ini pengusaha, travel agent, dan maskapai penerbangan  untuk berpartisipasi menyediakan paket-paket wisata menarik  bagi wisatawan lokal dan mancanegara dalam program VISIT GOMARLIKA 2015. Sector swasta yang memenuhi syarat akan memenangkan tender proyek penyediaan paket wisata oleh pemerintah dalam perebutan tender yang diadakan secara terbuka dan akhirnya akan diberikan kesempatan besar untuk mengambil bagian dalam kegiatan tour ini. 

2. Tahap Persiapan SDM dan Fasilitas Penunjang 

            Sebelum program VISIT GOMARLIKA dilaksanakan oleh ketiga kabupaten, terlebih dahulu setiap kabupaten mempersiapkan sumber daya manusia yang menunjang keberhasilan program. Oleh karena itu diperlukan peningkatan kapasitas penduduk lokal melalui pelatihan dan keterampilan selain itu penduduk lokal dalam hal ini perajin dari Kabupaten Amarta juga dibekali oleh kemampuan berbahasa inggris dengan harapan para perajin dan penjual kerajinan kulit mampu berkomunikasi dengan baik ketika berhadapan dengan wisatawan asing maupun lokal dan akhirnya wisatawan tertarik untuk membeli barang kerajinan ataupun malah berkunjung kembali. 

            Pembangunan fasilitas bagi pengunjung dan perbaikan sarana-sarana pendukung juga perlu dilakukan seperti akses jalan, penerangan, kebersihan, tersedianya toilet umum di spot-spot wisata penting dan tersedianya tourism center sebagai pusat informasi wisata. Hal tersebut penting untuk membuat wisatawan merasa aman dan nyaman dalam rangkaian tour yang diadakan  tiga kabupaten ini. 

      Kabupaten Amarta sebagai kabupaten yang menonjolkan diri sebagai sentra kerajinan kulit yang memiliki kualitas dan harga kompetitif perlu penataan dan pengelolaan secara modern, karena kendala selama ini adalah hasil produksi kulit dari Kabupaten Amarta belum memiliki brand atau merek dagang pemerintah akan membantu dalam pembentukan branding atau mematenkan kerajinan kulit khas Amarta agar hasil produksi mampu memiliki nilai jual yang lebih baik lagi. Selain itu untuk menciptakan keteraturan dan kemudahan akses ketika mengunjungi sentra kerajinan kulit di Amarta, pemerintah akan membangun sebuah kawasan perbelanjaan yang menjual kerajinan kulit yang tradisonal tetapi dengan sistem modern berisi studio produksi kerajinan dan set penjualan dimana seluruh produksi dan penjualan ditempatkan di satu pusat pemasaran. Kawasan ini terdiri dari satu pintu masuk dan satu pintu keluar yang bertujuan untuk memudahkan akses menuju kawasan sentra kerajinan kulit selain itu juga memudahkan dalam hal pengelolaan dan penghitungan retribusi yang akan diperoleh oleh ketiga kabupaten. Oleh karena itu di sekeliling kawasan ini akan disediakan tempat parkir yang luas oleh pemerintah Kabupaten Amarta. Selain itu, kawasan itu di kawasan ini juga terdapat restoran yang menyediakan makanan tradisional dengan pemandangan desa yang masih alami. 

            Setelah semua fasilitas pendukung dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia telah dilakukan dan dilaksanakan sesuai standar maka dapat masuk ke tahapa selanjutnya .

3.  Tahap Promosi

            Tahapan promosi tour tiga kabupaten ini memerlukan kerjasama yang intens antar kabupaten. Kegiatan promosi adalah pengenalan lokasi wisata dengan tujuan pemasaran dan mempromosikan program “VISIT GOMARLIKA 2014”.

Kegiatan promosi atau marketing yang dilakukan dapat berupa :
1.   Promosi melalui pameran yang dilakukan di dalam dan luar negeri berkerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Departemen Luar Negeri Indonesia. Menampilkan brosur wisata, foto-foto hotel di Pringgodani dan wisata pantai yang indah di Ambalika serta terdapat display hasil kerajinan kulit khas Amarta.
2.      Promosi melalui travel agent dan maskapai penerbangan yang diajak bekerjasama dalam program VISIT GOMARLIKA 2015.
3.      Promosi melalui Media Massa cetak dan elektronik
4.      Promosi melalui media online seperti melalui website dan media sosial lainnya
5.      Menyebarkan brosur-brosur wisata

4. Tahap Evaluasi

            Tahapan ini berisi evaluasi terhadap  capaian program yang dijalankan. Dalam tahap evaluasi ini pemerintah memiliki kemungkinan pilihan yaitu perbaikan dan mencari upaya untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam program selanjutnya dan termasuk dalam hal ini meminimalisir hambatan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan program.

 Rangkaian Kegiatan dalam VISIT GOMARLIKA 2015

            Para wisatawan akan mendarat di Bandara Internasional Pringgodani pada pagi hari dan langsung menuju hotel yang telah tersedia untuk check in dan beristirahat sebentar. Selanjutnya wisatawan akan dibawa mengunjungi sentra kerajinan kulit di Amarta. Disana wisatawan akan diajak mengunjungi studio produksi selain melihat bagaimana proses pembuatan kerajinan wisatawan juga diberikan kesempatan untuk ikut belajar dan membuat kerajinan kulit sederhana yang hasilnya dapat dibawa pulang oleh wisatawan. Selanjutnya masih di lokasi yang sama wisatawan menuju tempat penjualan hasil kerajinan kulit disana wisatwan dapat membeli berbagai kerajinan kulit yang memiliki kualitas bagus meskipun dengan harga yang murah. Tujuan dari kunjungan lokasi produksi baru menuju tempat penjualan hasil produksi adalah agar wisatawan dapat lebih mengenal dan belajar mengenai kerajinan kulit itu sendiri sebelum terburu-buru membeli tanpa mengerti makna dibalik pembuatan kerajinan kulit. Hal ini disebut berbelanja sekaligus belajar, sebuah pesan yang ingin Amarta sampaikan pada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Amarta. Menjelang siang hari para wisatawan akan dibawa ke restoran di sekitar sentra kerajinan kulit untuk merasakan makanan tradisional khas Amarta.

            Menjelang sore, para wisatawan akan dibawa menuju pantai berpasir putih di Kabupaten Ambalika. Selain menikmati sunset dan pemandangan yang indah, pantai Ambalika juga menyediakan pesona indah lainnya yaitu ombaknya yang besar yang sangat cocok digunakan untuk surfing atau olah raga air lainnya.  Sehingga para wisatawan yang seharian telah lelah belajar dan berbelanja di Amarta dapat memanjakan diri di kawasan ini. 

            Rangkaian tour berakhir malam hari di Pringgodani, wisatawan kembali ke hotel untuk beristirahat sejenak dan kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama di restoran hotel yang menyediakan berbagai makanan lezat dan segar untuk memulihkan tenaga setelah berkeliling tiga kabupaten seharian. Rangkaian tour ini terbilang padat dan cenderung singkat, hal tersebut bertujuan untuk menimbulkan rasa rindu dan penasaran di hati wisatawan sehingga di kemudian hari wisatawan akan datang kembali. Artinya, rangkaian tour ini dapat dikatakan sebagai sebuah ajang promosi bagi Kabupaten Amarta agar hasil produksi kerajinan kulitnya dapat lebih dikenal dan memperoleh akses pemasaran yang lebih baik di kemudian hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar