Translate

Selasa, 16 Juli 2013

Hikmah sebuah janji Tarawih

Syechk Thaha

Imam sekaligus khatib ketika shalat tarawih di Mesjid Nurul Asri

Poin-poin ceramah:

1. Perumpamaan ikhlas itu adalah seperti kelapa. Kelapa itu adalah buah yang jatuh dari ketinggian beberapa meter ke tanah kemudian diambil oleh manusia dengan dicengkeweng dan akhirnya disumbat, dikukur, diperas, dan direbus bersama ubi dan pisang hingga menjadi kolak. Setelah jadi kolak pernahkah kita mendengar nama kelapa disebut? jawabannya tidak. Si kelapa tidak disebut namanya sekalipun, tapi dia bermanfaat melalui saripati yang dia keluarkan. Begitu pula dengan keikhlasan, dia tidak perlu disebut-sebutkan tapi kebaikan itu ada dan terasa melalui inti perbuatan. dan Allah maha mengetahui isi hati manusia.

2. Calon penghuni surga terdiri dari dua golongan, yaitu  orang-orang yang bersabar dan bersyukur. Perumpamaan orang yang bersabar dan bersyukur adalah seperti sepasang suami istri. Si suami berwajah jelek dan si istri cantik jelita. Mereka adalah penghuni surga. Kenapa? Mereka sama-sama masuk surga karena ternyata si istri selalu bersabar atas kejelekan sang suami dan si suami senantiasa bersyukur karena memiliki istri yang cantik.

3. Misteri kematian ada 3 yaitu misteri sebab, waktu, dan tempat.

4. Mengerjakan amalan sunnah tidak perlu banyak, sedikit saja asalkan berulang dan istiqamah dikerjakan.Ibarat kambing yang selalu memiliki dua atau tiga anak dan anjing yang memiliki enam anak. Tapi ternyata daging kambing yang paling dicari manusia untuk disate, bukan malah daging anjing. Artinya apa? Tidak mengapa sedikit dan kecil asalkan sering dan istiqamah dikerjakan.

Wallahualam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar