Translate

Selasa, 02 Juli 2013

Ayo Menyanyi

Jangan asal nyanyi, maknanya pahami!!
Itu kata-kata pembuka di http://terjemah-lirik-lagu-barat.blogspot.com, pertama kali ketemu link ini karena gak sengaja cari-cari temen yang bisa nerjemahin lagu-lagu barat, karena seriously...bahasa inggris yang dipelajari (beserta grammar-nya) itu akan semakin menyulitkan dalam memahami makna sebuah lagu. Ibaratnya lagu itu kan "sastra" jadi maknanya seringkali berbeda dengan makna asli yang diambil dari kamus karena sekali lagi dia bermain dalam ranah kiasan, perumpamaan, dan ungkapan yang sangat "barat" sehingga saya atau mungkin kita sebagai "bukan" orang barat akan kesulitan atau bahkan salah memaknai sebuah lagu. 

Nah...blog ini sangat membantu kita memahami lagu, menurut saya efeknya sih langsung terasa. Berdasarkan pengalaman, setelah saya mengetahui makna sebuah lagu barat dari blog ini...feel atau suasana lagu yang dibangun oleh pencipta dan penyanyinya jadi dapet dan langsung klop di hati, berbeda dengan sebelum saya mengetahui maknanya dengan pasti seringkali saya malah salah dalam menginterpretasikan lagu, harusnya marah jadi termaknai pasrah, hehe.

Jangan asal nyanyi, maknanya pahami! adalah tagline paling menyentil yang saya rasakan. tagline ini dipajang di page facebook Terjemahan Lirik Lagu Barat. Betapa banyak insan manusia pecinta musik dan lagu barat hanya memahami sebagian makna karena tidak sadar konteks lain yang dimaksud oleh sebuah lagu. Akibatnya "nyanyi" yang kita lakukan tidak maksimal dan akan menyulitkan kita untuk melakukan penjiwaan terhadap lagu.


Beberapa lagu barat yang berhasil saya peroleh terjemahannya dari blog ini merupakankoleksi lagu terfavorit yang sering saya dengarkan akhir-akhir ini karena terus terang saya menjadi lebih dapat terkoneksi dengan lagu yang saya nyanyikan dibandingkan dulu sebelum saya paham maknanya dengan baik.

Pemicu kecintaan terhadap lagu barat dimulai dari Fatin Shidqia Lubis, pemenang pertama X Faktor Indonesia. Dia yang menularkan rasa penasaran terhadap lagu-lagu barat terutama yang dia nyanyikan selama dan setelah ajang pencarian bakat itu berlangsung. Salah satu lagu yang pernah dia nyanyikan dan sekarang menjadi favorit (selain Granade) adalah Where Have You Been Oleh Rihanna yang di-cover oleh Fatin pada salah satu acara bergengsi di RCTI. Awalnya saya hanya memahami dari sebagian lirik yang dinyanyikan oleh Fatin, tapi sekarang, yay!! Saya benar-benar paham liriknya dan enjoy menyanyikannya. Thanks to Fatin and to Terjemahan Lirik Lagu Barat.


I
I've been everywhere, man
Aku tlah pergi ke segala penjuru
Looking for someone
Mencari seseorang
Someone who can please me
Seseorang yang bisa membuatku senang
Love me all night long
Mencintaiku sepanjang malam
I've been everywhere, man
Aku tlah pergi ke segala penjuru
Looking for you babe
Mencarimu kasih
Looking for you babe
Mencarimu kasih
Searching for you babe
Mencari-carimu kasih

II
Where have you been
Dari mana saja dirimu
Cause I never see you out
Karena tak pernah kulihat dirimu
Are you hiding from me?
Apakah kau sembunyi dariku?
Somewhere in the crowd
Di antara kerumunan

III
Where have you been all my life
Di manakah dirimu sepanjang hidupku
All my life
Sepanjang hidupku
Where have you been all my li-i-i-i-i-ife
Di manakah dirimu sepanjang hidupku
Where have you been all my li-i-i-i-i-ife
Di manakah dirimu sepanjang hidupku
Where have you been all my li-i-i-i-i-ife
Di manakah dirimu sepanjang hidupku
Where have you been all my life
Di manakah dirimu sepanjang hidupku

Back to I, II, III
Where have you been all my li-i-i-i-i-ife
Di manakah dirimu sepanjang hidupku

You can have me all you want
Kau boleh menikmatiku semaumu
Any way, any day
Dengan cara bagaimana pun, kapanpun
Just show me where you are tonight
Cukup beritahu aku dimana dirimu malam ini

Back to I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar